Monday, October 10, 2011

TEORI ETIKA DALAM BISNIS


1. ETIKA HAK
  Teori Hak merupakan suatu aspek  dari teori deontologi, karena berkaitan dengan kewajiban. Hak dan kewajiban bagaikan dua sisi uang logam yang sama. Tindakan yang dilakukan merupakan cara terbaik untuk menghormati hak-hak asasi manusi dari setiap orang yang terkena pengaruh tindakan itu (Locke,Melden) adapun Pengertian hak yaitu suatu klaim yang sah dan benar. Wewenang secara etis,suatu panggilan kepada kehendak orang lain.
 adapun contohnya : "Hak seorang pegawai mendapatkan gaji oleh bosnya setelah ia melaksanakan kewajibannya bekerja" 

2. ETIKA DEONTOLOGI = KEWAJIBAN
    deontologi berasal dari kata  Yunani ‘deon’ yang berarti kewajiban ‘Mengapa perbuatan ini baik dan perbuatan itu harus ditolak sebagai buruk’, deontologi menjawab : ‘karena perbuatan pertama menjadi kewajiban  kita dan karena perbuatan kedua dilarang’.
adapun contohnya : "Kewajiban seorang  yang beragama untuk beribadah, jika dalam islam seorang muslim wajib menjalankan ibadah  sholat lima waktu atau dalam agama kristen upacara digereja setiap hari minggu" 

3. ETIKA TELEOLOGI  
   Mengukur baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yang mau dicapai dengan tindakan itu, atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan oleh tindakan itu atau ajarannya : betul salahnya suatu tindakan tergantung dari akibat-akibatnya
Kelemahannya :
• Menghilangkan dasar kepastian
• Kurang tegas dalam memberi jawaban
• Kadang menghalalkan segala cara

adapun jenisnya:
a. Hedonisme (hedone = kenikmatan)
Ajarannya : yang baik bagi dirinya sendiri adalah yang membawa kenikmatan / kesenangan
Kritik : bersifat egois dan tidak mencukupi sebagai pertanggung jawaban moral suatu tindakan

b. Eudemonisme (eudaimonia = kebahagiaan)
Ajarannya : yang baik bagi manusia adalah yang mmebuat dia bahagia. Jalan pikirannya : manusia dalam bertindak ada dua tujuan :
• tujuan demi tujuan selanjutnya
• tujuan demi dirinya sendiri (kebahagian)

Menurut Aristoteles :
Kebahagiaan dicapai dalam melakukan sesuatu , yakni dengan mengembangkan secara optimal segala potensi yang ada pada kita. Tindakan itu (tiga bentuk hidup) ialah :
• Hidup mencari nikmat
• Hidup berpolitik
• Hidup berfilsafat
Kritik : selain egois juga tidak mencukupi sebagai pertanggung jawaban moral suatu tindakan

c. Utilitarisme ( Utilitas = berguna)
Ajarannya : yang baik adalah yang membawa manfaat bagi orang banyak
Keunggulannya : tidak bersifat egois, melainkan universal
Kelemahannya : tidak menjamin keadilan dan hak-hak manusia

contohnya:
 a. Hedonisme (hedone = kenikmatan) 
     "menyetel musik dengan suara kencang  tanpa memperhatikan waktu misalnya menyetel musik rock tengah malam di area padat penduduk" 
 b. Eudemonisme (eudaimonia = kebahagiaan)
     " seseornag yang membeli mobil mewah  misalkan mercedes  namun tidak melihat lingkunagn sekitar misalnya tinggal di rumah susun sederhana" 
 c. Utilitarisme ( Utilitas = berguna)  
     "menanam bunga atau pohon di depan rumah, hanya saja mengambil trotoar tempat pejalan kaki, atau contoh lain pedagang kaki lima didepan mesjid (biasanya hari jumat) berdagang  boleh saja tapi membuat jalan menjadi padat " 

4.  ETIKA KEUTAMAAN   
      Keutamaan bisa didefinisikan  sebagai berikut : disposisi watak  yang telah diperoleh  seseorang dan memungkinkan  dia untuk bertingkah  laku baik secara moral.
Contoh jenis keutamaan :
  1. Kebijaksanaan
  2. Keadilan
  3. Suka bekerja keras
  4. Hidup yang baik
 contohnya : "seorang pebisnis ataupun enterpreneurship haruslah seorang yang jujur, ulet, agar bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain  sebagai bentuk menjuju hidup yang lebih baik"

sumber:


 

No comments:

Post a Comment

Followers