Tuesday, September 27, 2011

ETIKA., ETIKA BISNIS BESERTA CONTOHNYA

      

        Kali ini saya ingin membahas sedikit "apa sih yang kamu ketahui tentang etika? " lalu "kalau begitu apa sih etika bisnis itu? ", oleh karena itu mari kita pilah dulu satu persatu definisi etika dan bisnis itu. Dari beberaps sumber yang saya temukan:
  • Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab- Wikipedia .
  • Istilah Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata ‘etika’ yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos mempunyai banyak arti yaitu : tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak,watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha yaitu adat kebiasaan- http://goo.gl/CZ0WV.
  • Menurut kamus, istilah etika memiliki beragam makna berbeda. Salah satu maknanya adalah “prinsip tingkah laku yang mengatur individu dan kelompok”. Makna kedua menurut kamus – lebih penting – etika adalah “kajian moralitas”- http://goo.gl/GJtXL .
jadi kalau kita tarik kesimpulan  Etika adalah nilai dan norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya atau tentang kebiasaan atau adat akan benar, salah, baik, buruk suatu tindakan, sikap ataupun cara berpikir dalam kehidupan sehari hari dan apabila seseorang tidak mau menganut dengan adat istiadat yang berlaku maka yang bersangkutan dapat dinilai melanggar aturan atau norma kesopanan . salah satu cara agar tak terjadi pelanggaran terhadap adat norma yang berlaku maka ikutilah sesuai nilai nilai adat yang berlaku. Sedangkan Etika Bisnis itu sendiri merupakan aplikasi pemahaman kita tentang apa yang baik dan benar untuk beragam institusi, teknologi, transaksi, aktivitas dan usaha yang kita sebut bisnis dan hukuman akan pelanggaran dalam etika bisnis tersebut ada tapi bisa tertulis atau tidak tertulis.

Untuk contoh Etika saya beri sedikit contoh etika yang terjadi di sekeliling kita.
  • etika beragama : untuk yang beragama muslim tetntunya sudah mengerti  ketika kita akan kedalam masjid kita pasti akan melepaskan alas kaki kita karena itu sudah bagian dari aturan etika saat memasuki masjid, tapi hal ini juga tampaknya diketahui oleh penganut agama yang lainnya dan mereka pun turut serta dalam norma yang berlaku atau lebih sering disebut toleransi dalam beragama.
  • etika berkomunikasi : contoh dalam etika ini  adalah etika saat menelfon seseorang baiak kepada yang lebih dewasa , seumurnya dan yang belum dikenal pasti berbeda-beda misal menelfon  -kepada yang dewasa : halo selamat pagi / assalamualaikum bapak / ibu saya ini x murid ....... - kepada yang seumurnya : halo pren / halo bro atau halo masbro................. - sedang untuk yang belum dikenal : halo selamat pagi/ assalmualaikum bisa saya berbicara dengan x atau y.........
lalu adapun contoh untuk etika bisnis
  • etika tepat waktu dan bahasa : tidak mungkin kan seorang bawahan apabila ada rapat dengan atasan akan datang terlambat tapi dengan santai memasuki ruang rapat . ini yang disebut etika waktu dimana bagi seseorang waktu  itu adalah uang begitu juga sebaliknya sebagai atasan harus menjadi panutan bawahannya untuk datang tepat waktu (walau dalam realitanya tidak seperti itu) ,dan etika bahasa dimana  saat bertemu dengan atasan ada etika nya yaitu kita akan memnagiilnya bu atau pak misalkna saja bapak sulay dan sangat tidak sopan kalau kita memanggil nama saja akan sangat tidak beretika  kita memnaggil hai lay ...lay atau su ..su 
untuk itu hidup perlu etika ,karena dengan etika seseorang baru bisa dinamakan manusia. 
adapun sumber nya:
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
  2. http://entrepreneur.gunadarma.ac.id/e-learning/materi/1-artikel/40-etika-bisnis.html
  3. http://massofa.wordpress.com/2008/11/17/pengertian-etika-moral-dan-etiket/

No comments:

Post a Comment

Followers