Tuesday, September 28, 2010

KEBUTUHAN DAN MOTIVASI KONSUMEN



Motivasi

merupakan tenaga penggerak dalam diri individun yang mendorong mereka bertindak.
Tenaga penggerak ini timbul akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi
Individu akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan tujuan dan pola tindakan sesuai hasil pemikiran dan proses belajar individu



MODEL MOTIVASI


Motivasi Positif :
    yaitu pendorong kearah/mendekati obyek atau keadaan tertentu
    Dorongan positif seperti :
    kebutuhan, keinginan/hasrat

Motivasi Negatif :
    yaitu dorongan untuk menjauhi / menghindari obyek atau keadaan tertentu.
    Misalnya : rasa takut, keengganan

Motif Rasional.:
    Konsumen berperilaku rasional jika mereka secara teliti mempertimbangkan semua alternatif dan memilih alternatif yang memberikan kegunaan terbesar

Motif Emosional :
    Konsumen berperilaku emosional bila pemilihan sasaran menurut kriteria pribadi atau subyektif jadi tidak memaksimumkan kegunaan

Selama ini secara tradisional barang-barang konsumen (consumer goods) sebagai dasar pertimbangan segmentasi pasar yang sangat disukai secara umum adalah berdasar data demografi, tingkat pendapatan dan lokasi konsumen di dalam pasar yang dituju.
Karakteristik konsumen dapat ditinjau dari :
1. Usia
2. Jenis kelamin
3. Agama
4. Suku bangsa
5. Pendapatan
6. Status pernikahan
7. Pekerjaan
8. Kesehatan, dll.

Ada 5 tahap dalam konsumen mengambil keputusan untuk membeli, yaitu :
1. Pengenalan kebutuhan
2. Pencarian informasi
3. Evaluasi alternatif
4. Keputusan pembelian
5. Pengkonsumsian suatu produk dan perilaku purna beli

Kebutuhan :
  • Kebutuhan Dasar (Primer) :
         Bersifat fisiologis, seperti makanan, air, udara, rumah dsb

contoh kebutuhan fisiologis: 



  • Kebutuhan Perolehan (Sekunder) :
         adalah kebutuhan yang dipelajari sebagai jawaban terhadap kebudayaan atau lingkungan seperti  kekuasaan, kasih sayang, martabat dsb

contohnya kebutuhan keamanan


Kategori kebutuhan berdasarkan manfaat yang
diharapkan konsumen:
  • KebutuhanUtilitarian: Produk yang dibeli memberikan manfaat praktis atau fungsional
  •  
  • Kebutuhan Hedonic/ ekspresif: Produk yang dibelimemenuhi kebutuhan psikologis seperti rasa puas,emosional atau fantasi, memelihara konsep-Diri konsumen dan memenuhi kebutuhan sosial, ego/gengsi, atau estetika 
contoh kebutuhan sosial dan kebutuhan esteem :

     dan kebutuhan menurut maslow dapat dilihat melalui bagan berikut:

            HIRARKI KEBUTUHAN MASLOW 

             



    Sasaran :
        merupakan hasil yang diinginkan dari perilaku yang didorong oleh motivasi.
    Semua perilaku berorientasi pada sasaran

    Pemilihan Sasaran :
        Setiap kebutuhan tertentu mempunyai beberapa sasaran yang berbeda dan sesuai.

    Sasaran yang dipilih individu tergantung pada :
        - pengalaman pribadi
        - kemampuan fisik
        - norma dan nilai yang berlaku
        - kemudahan mencapai sasaran tersebut dalam
          lingkungan fisik dan sosial.



     Pengukuran Motivasi danKebutuhan dalam Riset Konsumen dan RisetPemasaran

    Untuk menentukan tingkat motivasi dan kebutuhan konsumenparapeneliti melakukan riset terhadap
    konsumen.Biasanya melalui metodesurvei dengan instrumen kuesioner. Tujuannya memperoleh
    informasi mengenai motivasi dan kebutuhan konsumen menggunakan produk.Hasilnya berupa
    pelaporan diri (self report)

    direktori sumber:


    1. slockley.wordpress.com/2009/10/23/gaya-hidup-konsumen-hijau/
    2. consumerbehaviour.blogsome.com/2007/11/09/motivasi-konsumen/
    3. lecture.brawijaya.ac.id/shinta/files/2009/02/pertemuan-6.ppt.
    4. scribd.com/doc/30062048/Bab-2-Motivasi

    No comments:

    Post a Comment

    Followers