Motivasi
merupakan tenaga penggerak dalam diri individun yang mendorong mereka bertindak.
Tenaga penggerak ini timbul akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi
Individu akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan tujuan dan pola tindakan sesuai hasil pemikiran dan proses belajar individu
MODEL MOTIVASI
Motivasi Positif :
yaitu pendorong kearah/mendekati obyek atau keadaan tertentu
Dorongan positif seperti :
kebutuhan, keinginan/hasrat
Motivasi Negatif :
yaitu dorongan untuk menjauhi / menghindari obyek atau keadaan tertentu.
Misalnya : rasa takut, keengganan
Motif Rasional.:
Konsumen berperilaku rasional jika mereka secara teliti mempertimbangkan semua alternatif dan memilih alternatif yang memberikan kegunaan terbesar
Motif Emosional :
Konsumen berperilaku emosional bila pemilihan sasaran menurut kriteria pribadi atau subyektif jadi tidak memaksimumkan kegunaan
Selama ini secara tradisional barang-barang konsumen (consumer goods) sebagai dasar pertimbangan segmentasi pasar yang sangat disukai secara umum adalah berdasar data demografi, tingkat pendapatan dan lokasi konsumen di dalam pasar yang dituju.
Karakteristik konsumen dapat ditinjau dari :
1. Usia
2. Jenis kelamin
3. Agama
4. Suku bangsa
5. Pendapatan
6. Status pernikahan
7. Pekerjaan
8. Kesehatan, dll.
Ada 5 tahap dalam konsumen mengambil keputusan untuk membeli, yaitu :
1. Pengenalan kebutuhan
2. Pencarian informasi
3. Evaluasi alternatif
4. Keputusan pembelian
5. Pengkonsumsian suatu produk dan perilaku purna beli
Kebutuhan :
- Kebutuhan Dasar (Primer) :
contoh kebutuhan fisiologis:
- Kebutuhan Perolehan (Sekunder) :
contohnya kebutuhan keamanan
Kategori kebutuhan berdasarkan manfaat yang
diharapkan konsumen:
- KebutuhanUtilitarian: Produk yang dibeli memberikan manfaat praktis atau fungsional
- Kebutuhan Hedonic/ ekspresif: Produk yang dibelimemenuhi kebutuhan psikologis seperti rasa puas,emosional atau fantasi, memelihara konsep-Diri konsumen dan memenuhi kebutuhan sosial, ego/gengsi, atau estetika
HIRARKI KEBUTUHAN MASLOW
Sasaran :
merupakan hasil yang diinginkan dari perilaku yang didorong oleh motivasi.
Semua perilaku berorientasi pada sasaran
Pemilihan Sasaran :
Setiap kebutuhan tertentu mempunyai beberapa sasaran yang berbeda dan sesuai.
Sasaran yang dipilih individu tergantung pada :
- pengalaman pribadi
- kemampuan fisik
- norma dan nilai yang berlaku
- kemudahan mencapai sasaran tersebut dalam
lingkungan fisik dan sosial.
Pengukuran Motivasi danKebutuhan dalam Riset Konsumen dan RisetPemasaran
Untuk menentukan tingkat motivasi dan kebutuhan konsumenparapeneliti melakukan riset terhadap
konsumen.Biasanya melalui metodesurvei dengan instrumen kuesioner. Tujuannya memperoleh
informasi mengenai motivasi dan kebutuhan konsumen menggunakan produk.Hasilnya berupa
pelaporan diri (self report)
direktori sumber:
1. slockley.wordpress.com/2009/10/23/gaya-hidup-konsumen-hijau/
2. consumerbehaviour.blogsome.com/2007/11/09/motivasi-konsumen/
3. lecture.brawijaya.ac.id/shinta/files/2009/02/pertemuan-6.ppt.
4. scribd.com/doc/30062048/Bab-2-Motivasi
No comments:
Post a Comment