Saturday, February 13, 2010

WAWASAN NASIONAL

Wawasan nasional adalah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan linkungannya dalam eksistensnya yang serba terhubung (interaksi&interalsi) serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah-tengah lingkuangannya baik nasional,regional dan global.

dan penjelasanya:

apa yang dimaksud wawasan nasional?
cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan linkungannya dalam eksistensnya yang serba terhubung (interaksi&interalsi) serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah-tengah lingkuangannya baik nasional,regional dan global.

apa yang dimaksud kekuasaan?
kemampuan seseorang/kelompok untuk memaksakan kehendaknya kepada pihak lain, melalui pengendalian-pengendalian yang acap kali memakai sanksi-sanksi negatif.

contoh-contohnya?
kekuasaan akan menyelesaikan persengketaan dan ekspansionisme baik dari luar maupun dari dalam.

mengapa di perlukan kekuasaan?

karena negara haruslah besar jika di peta. sehingga kita dapat mengetahui sebagai negara.dan jika dia di gambar kecil maka itu hanyya gugusan dari pulau-pulau,sehinggakekuasaan masih mempengaruhi tindakan dan aktivitas Negara di bidang administrative,legislative,yudikatif dll.

bagaimana kalau kekuasaan itu tidak dimiliki?


apa yang dimaksud geopolitik?

adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala politik dari aspek geogafi.

teori geopolitik menurut bangsa indonesia?

indonesia menganut paham negara kepulauaan berdasar ARCHIPELAGO CONCEPT dimana laut sebagai penghubung daratan sehingga wilayah negara menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai tanah air dan ini disebut negara kepulauan.

referensi:
diktat.pedidikan kewarganegaraan.univ.gunadarma.edisi 2007

No comments:

Post a Comment

Followers